Tips Menulis LKTI Simpel

Okay, lama rasanya tidak menulis atau memposting blog. Mulai kagok rasanya buat nulis dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar^^. Santai-santai aja yeee bahasanya, yang penting lahirlah tulisan yang satu ini....

Kesibukkan mungkin jadi  alasan utama karena lama banget gk ngunjungi blog. Apa lagi, kemaren lagi ikutan lomba kepenulisan. Nah, kali ini saya ikut lomba karya tulis ilmiah yang bertema "Sejarah/Budaya Pontianak. Yuppp.... tentang kota tercinta. Namun, karena metodenya mesti ilmiah jadi persiapan yang dilakuin mesti lebih banyak dari tulisan jenis lain.



Didasari pengalaman saya mengikuti perlombaan, juga latar belakang ilmu, juga karena pengalaman ngeliat banyak teman yang bingung ketika mesti bikin KTI (karya tulis ilmiah), maka lahirlah tip-tips berikut ini.

Kita mesti memastikan ketentuan dari panitia lomba atau kalau tugas dari dosen/guru, ya..... tinggal diikuti aja ketentuannya. Biasanya yang udah ditentukan adalah format KTI nya, pastiiin sejelas-jelas mungkin. Umumnya format yang sering digunakan adalah makalah. Makalah sebagai bentuk paling sederhana terdiri atas Pendahuluan, Isi, dan Penutup. Terkadang ada juga format yang lebih komplit juga, seperti proposal penelitian atau skripsi. Nah, ingat juga yaa.... mesti ada daftar isi, daftar gambar/ilustrasi, daftar tabel, dan kata pengantar. Pada bagian belakang juga harus dilengkapi daftar pustaka dan lampiran-lampiran pendukung.

Sumber foto: google.com


Hal lain yang juga sudah ditetapkan biasanya adalah tema. Nah, kesesuaian dengan tema bisa jadi syarat utama KTI kamu diterima. Biasanya, jika tema yang diangkat ternyata melenceng, karya kamu bisa didiskualifikasi, kalau panitianya masih baik, kamu juga bakal dapat pengurangan point yang besar.

Setelah hal-hal di atas kamu pastikan waktunya kamu mengangkat masalah. Perhatikan juga bahwa permasalahan yang kamu angkat adalah hal penting dan aktual. Penting sebagai permasalahan yang mesti ditemukan solusinya secepat mungkin karena menyangkut hajat hidup orang banyak. Aktual adalah yang terjadi sekarang, terkait kehidupan yang berlangsung. Biasanya, topik-topik yang hangat seputar globalisasi, seperti perkembangan teknologi sekarang atau pasar bebas yang mulai berlaku.

Jika topiknya sudah ditentukan kamu bisa melanjutkan dengan pengembangan menggunakan landasan pertanyaan 5W+1H. Pasti gk asing lagi kan dengan 5W+1H. Bikin coret-coretan aja dulu di kertas burem. Hal terakhir, kamu juga mesti memastikan teori untuk melandasi KTI mu dapat mudah dicari. Dikarenakan sifatnya yang ilmiah, keberadaan teori pendukung adalah suatu hal yang sifatnya wajib.

Okay, itu aja hal yang biasa saya lakukan kalau lagi ngerjakan KTI, semoga aja membantu ya. Selamat mencoba....  

No comments:

Post a Comment

Resensi Fortunately The Milk Karya Neil Gaiman

Buku cerita anak yang saya baca ini merupakan terbitan Gramedia pada tahun 2014. Karya Neil Gaiman yang diterbitkan pertama kali pada tahun ...