Sastra Anak Cerita Berima Jane dan Hujan

Membaca buku cerita anak sangat menarik bagi saya. Akan banyak imajinasi di setiap cerita anak. Belum lama ini saya temukan sebuah cerita anak bergambar, padahal saya hampir tidak pernah punya buku dengan tipe seperti ini. Ya, tentunya karena buku ini ditujukan untuk anak-anak di kelas bawah, untuk mereka yang baru bisa belajar membaca.


Buku yang satu ini benar-benar unik. Ilustrasinya bagus, penuh gambar berwarna-warni. Selain itu ceritanya turut mendukung, dan tentunya mengandung nilai moral yang disampaikan secara elegan. Uniknya, buku ini dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris. Dalam bahasa Inggrisnya, bentuk cerita ini adalah cerita berima. Sebuah variasi kesusateraan anak yang akan menambah kayanya sastra kita.
Untuk sastra anak di negara kita yang tampaknya sedang mati suri variasi seperti ini sungguh jarang terjadi. Khususnya sastra dalam bentuk prosa, yang pada umumnya akan bebas tanpa aturan apapun. Terlebih lagi sastra anak sifatnya hanya tradisional dan tersebar secara lisan. Sastra anak belum diolah menjadi sesuatu yang modern dan bersifat masiv. Untuk kurun 20 tahun terakhir belum ada regenerasi “pemain” dalam industri sastra anak.



Pasti dilatarbelakangi oleh banyak faktor, namun sesuatu yang baru seperti cerita berima ini tentunya diharapkan akan membawa angin segar. Mungkin bisa dibilang aneh, orang dewasa seperti saya yang gemar membaca cerita anak J. Agar tahu alasan saya, saya bagikan bocoran kisahnya. Dikisahkan bahwa Jane adalah seorang gadis periang yang tidak menyukai hujan. Namun, suatu waktu datang seorang peri yang mengajaknya berpetualang di dalam hujan. Yipiiii.....setelah melihat dari dekat, ia kini tahu apa saja kebaikan dari hujan.

Yup begitulah kira-kira garis besar ceritanya. Lain kali, jika jalan-jalan di toko buku dan menemukan cerita anak yang unik lagi, pasti lekas saya beli. Ada semacam kepuasan batin dari situ :) 

No comments:

Post a Comment

Resensi Fortunately The Milk Karya Neil Gaiman

Buku cerita anak yang saya baca ini merupakan terbitan Gramedia pada tahun 2014. Karya Neil Gaiman yang diterbitkan pertama kali pada tahun ...