Resensi Novel Pacar Merah Tan Malaka

Saya selalu suka sejarah. Kini saya banggakan koleksi tak seberapa ini J  , Pacar Merah Indonesia 1 & 2. Kisah fiktif tentang Tan Malaka di masa-masa penjajahan. Novel yang keren luar biasa, karena kita diingatkan punya pahlawan yang tak kalah dengan karakter rekaan 007. Dengan latar waktu 1930 s.d. 1932, kisah seperti ini wajib dibaca sebagai pemupuk nasionalisme di hati anak bangsa.



Diterbitkan pertama kali di tahun 1938, novel ini berkisah tentang petualangan Tan Malaka dengan seluruh intriknya bersetting di Indonesia mapun negara-negara lain. Disajikan betapa pentingnya peran Tan Malaka di Indonesia maupun politik dunia. Betapa cerdik dan gesit ia bermanuver dalam pelarian. Bahkan saat terkepung oleh pasukan pun, ia tetap bisa melarikan diri.


Tan Malaka selama ini merupakan sosok pahlawan misterius. Di buku-buku pelajaran ia jarang sekali dibahas, entah latar politik apa yang menyebabkannya. Saya sendiri masih binggung dengan kebenarannya, maka tidakklah arif menyimpulkan hanya dari buku yang kita baca. Perjuangannya sendiri untuk melawan penjajah memang lebih banyak dilakukan diam-diam. Buku-buku yang seputar tentang beliau juga baru memasuki 10 tahun reformasi, mulai terbit satu-satu. Dan dengan bangga saya turut mengoleksi dari genre novel yang tentunya bersifat fiksi ini.

Bagi yang suka dengan genre novel petualangan, sejarah, dan cerita-cerita detektif pasti tidak akan merasa rugi untuk membaca novel ini. Tapi sayangnya bahasa yang digunakan memang tidak dilakukan penyuntingan. Jadi terkesan sedikit berat untuk pembaca jaman sekarang :’( Hal ini mungkin jadi bentuk apresiasi yang baik bagi pengarangnya Matu Mona.

Yang terpenting bagi saya, saya sudah ikut terseret dalam keserua cerita petualangan ini J

No comments:

Post a Comment

Resensi Fortunately The Milk Karya Neil Gaiman

Buku cerita anak yang saya baca ini merupakan terbitan Gramedia pada tahun 2014. Karya Neil Gaiman yang diterbitkan pertama kali pada tahun ...