Resensi; When Breath Becomes Air by Paul Kalanithi

“Penulis yang baik, akan mampu menjadi penawar.”
.
Saya lupa sumber kutipan itu, tapi kalimat di ataslah yang menjadi motivasi besar keinginan saya menjadi penulis. Penawar bisa diasosiasikan dengan obat, mampu memberikan kesembuhan, atas  kepiluan, kesedihan, kegelisahan, dan lain-lain. Memang benar adanya seperti itu, sebuah kebijaksanaan yang terekam dalam buku akan memberi motivasi yang tepat.

Sumber foto: dokumentasi pribadi

Beruntungnya lagi, di awal tahun ini, saya menghabiskan buku berjudul “When Breath Become Air.” Sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Buku ini merupakan sebuah memoar, Kisah seorang Dokter Bedah Syaraf yang mengidap kanker paru-paru di masa residennya.     


Hancur… Miris… Melihat mimpi yang akan menjadi nyata tiba-tiba mesti rubuh ketika segala perjuangan dan proses telah dilalui.  Tapi tetap ada saja nilai-nilai kebijakan yang dapat diambil. Bahwa tak peduli seberapa besar manusia berusaha, tetap tak berdaya melawan yang telah ditetapkan Tuhan.

Dokter Paul Kalanithi menulis buku ini disela-sela kesibukannya saat menjadi residen dan pasien. Sebuah dedikasi dan perjuangan yang perlu ditiru. Gaya bahasa yang digunakan begitu enak dinikmati karena beliau memang memiliki hobi membaca karya sastra dunia.  Tak heran buku yang ditulis dengan hati akhirnya bisa berada 21 minggu di puncak New York Times Best Seller. Sebuah jaminan untuk buku-buku berkualitas tinggi.

Ahhh…. Baper tingkat dewa saya. Ketika keadaan kesehatan dan ritme kerja dr. Paul Kalanithi mulai membaik. Saya juga berharap hal tersebut terus berlangsung, orang baik berhak mendapat kesempatan kedua. Akan tetapi, sangat disayangkan ketika bagian akhir buku mesti dilanjutkan oleh sang istri.

Selamat membaca handaitolan, selamat menyelami penemuan tentang hidup.

No comments:

Post a Comment

Resensi Fortunately The Milk Karya Neil Gaiman

Buku cerita anak yang saya baca ini merupakan terbitan Gramedia pada tahun 2014. Karya Neil Gaiman yang diterbitkan pertama kali pada tahun ...