D. Zawawi Imron: Tulislah dengan Cinta (2)


Cihui........Saya mereproduksi (lagi...)!

Batu karang mendidih buih
Tapi cakrawala tetap tersenyum
Cakrawala birumu jingga
Jinggamu biru
Horison lembut melepas rindu
Rindu bertemu laut
Tenang dalam kemelut damai



Ayo, silahkan dianalisis! Rasa jiwa begitu lega karena kembali menulis puisi lagi. Beberapa tahun belakangan, saya kering kerontang akan ide untuk bergumul dalam puisi. Kehilangan daya cipta membuat perasaan ganjil merongrong. Kesibukkan menggigit hingga kantung imajinasi itu bocor. Gawatnya, saya baru menyadari saat semua sudah meranggas sekarat.
Saya rasanya begitu terselamatkan karena hadir di sebuah acara temu sastra. Acara tersebut dengan pembicara sastrawan nasional, D. Zawawi Imron. Beliau memberikan tips menulis puisi dalam acara tersebut.
Dilandasi keyakinan bahwa di luar sana banyak rekan-rekan yang gemar berapresiasi, saya akan memaparkan dengan ringkas tips-tips dari beliau. Tips tersebut sebagai berikut.
Tips Pertama: Indah
Ubahlah sudut pandang dengan berpikir dan merasakan keindahan. Keindahan akan membawa dampak luar biasa. Beliau mengutip untuk memerjelas, “Barang siapa yang tidak ada keindahan di dalam diri maka tidak akan mampu melihat keindahan alam”(lupa saya dari siapa).
Tips Kedua: Empati
Keindahan yang bertebaran pun tidak akan cukup jika hati kita tidak memiliki empati. Sensitifitas luar biasa saat melihat kondisi di sekitar maupun dalam diri merupakan bekal lainnya.
Tips Ketiga: Imajinasi
Keindahan dan empati tidaklah cukup. Permanislah karya dengan sentuhan imajinasi. Imajinasi bukanlah sesuatu yang sifatnya instan. Jangan ragu-ragu untuk menuliskan isi benak adalah cara latihan yang paling bagus.
Kritik dan saran memang kita butuhkan untuk menjadi semakin baik. Namun, jangan jadikan hal itu untuk memagari kreatifitas kita. Terus berkarya! Terus menulis! ^_^V

Catatan: Saya bukan seorang ahli, masih butuh banyak belajar. Saya Cuma seseorang yang mencoba berbagi. Silahkan tinggalkan komentar, saran, dan kritik Anda! (:

4 comments:

  1. saya tidak bisa menulis puisi, jadi ndak bise ngasi kritik n masukan hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. atas kunjung n komen, sye btrima kasih...
      silahkan coba menulis puisi dg tips di atas... ^_^V

      Delete

Resensi Fortunately The Milk Karya Neil Gaiman

Buku cerita anak yang saya baca ini merupakan terbitan Gramedia pada tahun 2014. Karya Neil Gaiman yang diterbitkan pertama kali pada tahun ...